Selasa, 28 Januari 2014

Anemon Laut



Anemon Laut Gadis

Pasti sering lihat dong, si cantik yang sering jadi tempat bermain ikan hias ini? Sayangnya, banyak yang belum kenal dengan Anemon Laut dan menyangkanya sebagai sebuah tumbuhan. Makanya, biar nggak salah kaprah, kenalan lebih dekat yuk!

Hewan, Bukan Tumbuhan
Bentuknya yang menyerupai mawar bikin banyak orang mengira anemon adalah tumbuhan. Padahal sebenarnya makhluk laut yang satu ini termasuk dalam golongan hewan invertebrata alias nggak bertulang punggung. Kombinasi warnanya yang cantik dan bentuk tubuhnya yang meliuk-liuk ini bikin ikan-ikan hias tergoda buat main di sela-sela tentakelnya. Badan anemon terdiri dari 4 bagian, yaitu mulut, badan, pangkal atau dasar dan tentakel. 

Tempat Tinggal
Biasanya daerah sekitar terumbu karang adalah tempat tinggal anemon. Hewan ini sering makan dan istirahat di sana. Tapi, kalau terancam musuh, anemon kemudian pergi sambil mengikuti arus laut. Anemon dibagi menjadi dua kelompok yaitu polip dan medusa. Polip adalah anemon yang hidupnya melekat di dasar perairan sedangkan medusa adalah anemon yang lebih suka berenang bebas mengikuti arus laut.

Tempat Berlindung
Ternyata  ikan hias ini masuk ke dalam tentakel anemon nggak hanya karena tertarik sama warnanya yang cantik lho. Alasan lainnya adalah karena anemon bisa jadi tempat berlindung. Soalnya ketika terancam bahaya, anemon bakal mengeluarkan sengatan yang bisa menyerang sel darah merah dan melumpuhkan musuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar