Senin, 27 Januari 2014

Ubur Ubur Blue Bottle



Ubur Ubur Blue Bottle Gadis

Siapa bilang ubur-ubur hanya berwarna putih atau transparan saja? Hewan air ini ternyata juga ada yang berwarna biru, lho. Pastinya, kita akan terpukau dengan keindahannya ketika bertemu. Ups…tapi hati-hati! Katanya, binatang unik ini memiliki racun. Cari tahu fakta soal ubur-ubur biru alias blue bottle ini, yuk.

  • Di Australia dan Selandia Baru, ubur-ubur ini bernama blue bottle. Nama ini sesuai dengan warna dan bentuknya. Sedangkan di daerah Portugis dan beberapa negara di Eropa, hewan ini dijuluki Portuguese Man O’ War. Katanya sih, karena bentuknya mirip kapala perang Portugis dengan layar.
  • Warna tubuh blue bottle seperti gradasi mulai dari biru hingga pink. Biasanya, ukuran tubuh hewan ini bisa mencapai 15 cm dengan panjang tentakel 15 cm – 10 meter.
  • Ubur-ubur jenis ini memakan ikan kecil atau hewan laut kecil lainnya. Biasanya, hewan ini membungkus mangsanya dengan tentakelnya. Kemudian, menghembuskan racun sehingga mangsa tersebut lumpuh.
  • Bentuk tentakel blue buttle seperti strings panjang berduri. Ini digunakan untuk menarik mangsa sekaligus menyerangnya.
  • Ubur-ubur ini akan melepaskan racun ketika tentakel menempel di manusia. Jika kita langsung mencuci bagian tersebut, maka racunnya semakin menyebar. Lebih baik langsung mengompres dengan air dingin untuk mengurangi rasa sakit. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar